SEKILAS INFO
: - Jumat, 07-10-2022
  • 2 bulan yang lalu / Follow media sosial kami di Instagram: @smpn_2pakem | Facebook: Padmagiri | Youtube: SMP2Pakem Canel.
  • 4 bulan yang lalu / Selamat datang di SMP Negeri 2 Pakem Sleman Yogyakarta. Sekolah Berbasis Wisata.
TEH DAUN PANDAN

DAUN PANDAN

Daun pandan merupakan tumbuhan monokotil yang termasuk famili pandanaceae dan memiliki wangi sedap yang khas. Daun pandan merupakan bahan pelengkap penting dalam masakan tradisional di Indonesia.

Daun pandan sangatlah populer terutama untuk para penikmat kuliner karena aroma dan rasanya yang khas. Daun pandan tak hanya bermanfaat untuk melezatkan makanan semata. Sebab, daun pandan diketahui mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Berdasarkan kandungan nutrisinya, daun pandan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya seperti meredakan nyeri sendi, mencegah penyakit jantung, obat kulit alami, hingga mengendalikan kadar gula darah.

MANFAAT DAUN PANDAN BAGI KESEHATAN

Dilansir dari WebMD, penelitian ilmiah secara lebih mendalam masih diperlukan untuk khasiat pandan. Namun, beberapa manfaat kesehatan potensial dari kandungan nutrisi daun pandan telah ditemukan berdasarkan penelitian awal, antara lain:

  1. Meredakan Nyeri Sendi dan Arthritis

Beberapa obat tradisional menggunakan pandan sebagai salah satu bahannya. Sebab, pandan berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit, terutama radang sendi dan nyeri sendi. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa minyak dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia. Zat tersebut dikenal dapat meredakan gejala radang sendi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa studi mendukung klaim bahwa daun pandan bermanfaat untuk organ jantung. Alasannya, daun pandan adalah sumber karotenoid yang sangat baik. Perlu diketahui bahwa karotenoid adalah salah satu jenis antioksidan. Karotenoid juga dikenal akan manfaatnya dalam mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, yaitu penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

  1. Obat Kulit Alami

Pada sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara, daun pandan kerap dikeringkan dan dihancurkan sebagai ekstrak. Nantinya, ekstrak tersebut akan digunakan sebagai pengobatan topikal yang banyak manfaatnya untuk kulit. Misalnya seperti mengobati luka bakar ringan, kulit terbakar matahari, hingga masalah kulit lainnya.

Penelitian awal terkait hal tersebut menunjukkan bahwa asam tanat dalam pandan dapat mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat. Namun, penelitian lebih lanjut tentunya masih diperlukan.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Konsumsi pandan dapat membantu seseorang mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan, memiliki kadar gula darah lebih rendah dibanding yang tidak. Meski begitu, penelitian lebih mendalam secara ilmiah terkait manfaat pandan yang satu ini, tentu masih dibutuhkan.

Dari beberapa contoh manfaat daun pandan tersebut menjadi alasan bagi kelas 8A SMP Negeri 2 Pakem untuk membuat inovasi produk berupa teh daun pandan. Tujuan dari pembuatan produk inovasi teh daun pandan adalah untuk meningkatkan kreasi dan inovasi peserta didik, menambah wawasan dan pengetahuan, serta turut menjaga dan meningkatkan kesehatan bagi siapa saja yang mengkonsumsi produk teh daun pandan tersebut.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam membuat teh daun pandan:

  1. Cuci bersih daun pandan lalu potong kecil-kecil

2. Sangrai daun pandan yang sudah dipotong kecil-kecil sampai warna kecoklatan dan kering

3. Haluskan daun pandan yang sudah disangrai

4. Teh daun pandan siap digunakan

Demikian cara atau tahapan dalam membuat teh daun pandan yang dilakukan oleh siswa kelas 8A SMP Negeri 2 Pakem sebagai produk inovasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMP Negeri 2 Pakem

NPSN : 20401031

Jl. Kaliurang , Km.20
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. D.I. Yogyakarta
KODE POS 55582
TELEPON (0274) 895509
FAX 0723-1234567
EMAIL smp2pakem@gmail.com