SEKILAS INFO
: - Jumat, 07-10-2022
  • 2 bulan yang lalu / Follow media sosial kami di Instagram: @smpn_2pakem | Facebook: Padmagiri | Youtube: SMP2Pakem Canel.
  • 4 bulan yang lalu / Selamat datang di SMP Negeri 2 Pakem Sleman Yogyakarta. Sekolah Berbasis Wisata.
BINAHONG PENGOBATAN ALTERNATIF

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk daun ini, nama tumbuhan ini adalah Binahong. Binahong ini memiliki nama ilmiah yaitu Anredera cordifolia dan mempunyai bentuk daun mirip dengan daun sirih. Binahong adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Budidaya tanaman binahong

Tanaman binahong bisa berkembangbiak melalui sistem generatif atau biji. Tetapi jika ingin melakukan budidaya dengan metode yang lebih praktis dan cepat, bisa dikembangbiakkan dari rimpangnya atau secara vegetative. Jika tidak memiliki area yang luas, tanaman merambat ini tetap bisa tumbuh dalam pot ukuran besar dan dijadikan tanaman hias.

Tanaman binahong dapat tumbApabila menggunakan rimpang sebagai media pengembangbiakkan, harus dipilih yang usianya sudah dewasa. Media penanamannya berupa tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1 dan dilengkapi naungan atau perlindungan sekitar 50%.uh subur jika berada pada lahan yang agak lembab, teduh serta mendapat pasokan sinar matahari yang tidak terlalu banyak. Sedangkan teknik perawatannya, sangat mudah dilakukan karena hanya perlu disiram dengan air setiap hari. Kemudian untuk mempercepat pertumbuhannya bisa diberi pupuk kandang atau kompos tiap 2 minggu sekali.

 

Langkah penanaman bibit binahong adalah:

Langkah pertama yang harus ditempuh adalah menyiapkan bibit terlebih dahulu. Pembibitan tanaman Binahong dapat dilakukan dengan cara di stek. Pilih batang pohon indukan yang berukuran sedang sepanjang 10 cm.

Kemudian, batang stek binahong tersebut ditanam di pot/polybag yang berisi media tanam berupa tanah humus. Batang stek ditanam dengan dipastikan bagian ujung batang stek berada di bagian atas. Setelah itu lakukan penyiraman pada tanah dalam polybag dan tunggu beberapa hari hingga muncul tunas baru atau bibit binahong sudah memiliki akar baru dan bibit binahong siap dipindah tanamkan. Namun akan lebih baik tunggu bibit berumur satu bulan.

Langkah berikutnya adalah membuat lubang tanam dengan ukuran 30×3 cm dan kedalaman 20-30 cm. Jarak antar lubang tanam dibuat sekitar 40 cm. Jika lubang tanam sudah dibuat, selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan campuran pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos) dan pupuk NPK dengan perbandingan 30 (organik): 1 (NPK). Setelah itu, pupuk tersebut dimasukkan ke dalam lubang tanam yang telah dibuat lalu timbun dengan tanah dan biarkan pupuk tersebut terurai. Agar tidak lupa, lubang tanam tersebut diberi tanda baik dengan kayu/bambu.

Barulah, setelah bibit dan lubang tanam siap, pohon Binahong bisa ditanam, yaitu dengan cara membuka polybag bibit dan tanam bibit Binahong ke dalam lubang tanam, lalu timbun kembali dengan tanam, sedikit padatkan dan lakukan penyiraman segera.

Karena merupakan tanaman merambat, tanaman Binahong diberi ajir untuk merambatkan sulurnya. Ajir tersebut dapat berupa susunan kayu ataupun tali. Jika penananaman dekat tembok atau pagar maka dapat dimanfaatkan sebagai media rambat.

Setelah bibit Binahong tertanam dengan baik, lakukan perawatan secara rutin. Penyiraman dapat dilakukan secara rutin setiap 5-7 hari sekali secukupnya, dan jangan terlalu menggenang. Selain itu lakukan pula pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 1 gelas NPK untuk 40 liter air. Pemupukan tersebut dilakukan setiap 10-14 hari sekali dengan cara dikocorkan pada lubang yang dibuat dengan jarak sekitar 10 cm dari akar tanaman Binahong. Dan, setelah usia 6 bulan dan daun pohon Binahong terlihat lebat, sudah bisa dipanen, menjadi ramuah alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

 

Sederet Manfaat daun binahong:

Terdapat 2 jenis daun binahong yang dibedakan berdasarkan warnanya, yakni daun binahong warna merah dan hijau.

Walaupun berbeda secara tampilan fisik, tetapi kandungan dan khasiat kesehatan kedua jenis daun binahong tersebut tidak ada beddarah.Daun binahong dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah maag, masalah kulit, asam urat, kolesterol, diabetes, dan sesak napas. Terdapat senyawa yang dapat membantu detoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru dalam daun binahong, sehingga daun ini juga dipercaya dapat membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun.

Namun, manfaat binahong untuk paru-paru masih dalam proses penelitian lebih lanjut. Daun binahong mengandung binahong catechin yaitu jenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung.

Kemudian manfaat binahong juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah olahraga. Juga dipercaya mampu meredakan reumatik, encok, flu tulang, dan pegal linu

Manfaat lain daun binahong adalah mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan tekanan darah.

Penggunaan Daun binahong untuk pengobatan

1.Redakan peradangan jerawat dan perawatan wajah

Jerawat merupakan kondisi yang paling umum dialami oleb manusia, terlebih kondisi jerawat ini sebagain besar juga dipengaruhi oleh infeksi bakteri. Untuk mengobatinya dapat pakai daun binahong. Caranya, ambil 5 sampai 6 daun binahong, kemudian dicuci bersih. Jika sudah dibersihkan, tumbuk daun binahong di tempat yang steril dan bersih, tumbuk hingga halus supaya dapat diaplikasikan sebagai masker wajah.

Setelah menjadi masker wajah, tempelkan di wajah secara merata, lankukan pengobatan ini secara rutin menjelang tidur lebih baik.

2. Batuk dan radang paru-paru.

Punya kandungan flanoid, daun binahong mujur bantu atasi pebyakit radang paru hingga batuk. Cara membuat ramuannya, ambil 10 lembar daun binahong dan 400 cc air. Didihkan air hingga panas, semua masukkan daun binahong seluruhnya bersamaan dengan air tersebut hingga air surut menjadi setengahnya. Lakukan oengobatan minuman herbal ini rutin.

3.   Darah rendah.

 Sering pusing, badan lebih mudah lelah, konsentrasi rendah menjadi salah satu efek darah rendah.

Untuk mengobati penyakit ini yangbdiperlukan 8 lembar daun binahonh juga 2 gelas air. Cara buatnya panaskan air yabg dicampurkan daun binahong, tunggu hingga air rebusan mendidih dan suaut menjadi ukuran 1 gelas saja. Jika sudah nampak susut, saring air binahong kemudian dapat dikonsumsi, minumlah ramuan ini setiap satu kali setiap hari. .

4.   Gatal-gatal dan eksim kulit.

Eksim kulit dan rasa gatal dipermukaan kukit sangat mengganggu bahkan mengurasngi kenyamanan penderitanya, namun rupanya itu oebyakit dapat diaembuhkan dengan konsumai binahong.

Bahan yang dibutuhkan daun binahong sebanyak 10-15 lembar. Cara olahnya denga merubus seluruh 10 hingga 15 lembar daun binahong yang dicampurkan 3 gelas air. Masak air ini hingga mendidih dan tersisa 2 gelas, kemudian ini dapat diminum 1 kali sehari.

5.   Sesak nafas.

 Gangguan pada saluran pernapasan seperti asma jika kambuh benar-benar mengurangi kualitas hidup penggunanya, ternyata dapat disembuhkan dengan obatan daun binahong. Caranya dengan ambil 7 lembar daun binahong. Rebus sebanyak 2 gelas air yang dicampurkan daun binahong. Tunggu air rebusan mendisih dan susut menjadi 1 gelas saja, jika sudah maka air rebusan daun binahong dapat dikonsumsi. Minumlah rebusan binahong ini sebanyak 1 kali dalam sehari

6.   Gusi berdarah dan mimisan.

Pendarahan kecil seperti mimisan dan gusi berdarah dapat menggunakan pengobatan daun binahong, caranya ambil 4 lembar daun binahong. Cara olahnya dengan merebus seluruh daun binahong di dalam 2 gelas air. Tunggu rebusan air binahong menyusut hingga menjadi 1bgelas, maka air sudah dapat dikonsumsi, lakukan minum herbal ini sebanyak satu sehari.

7.   Menurunkan kolesterol.

Kolesterol yang tidak terkontrol dapat diatasi dengan konsumsi daun binahong. Caranya sangat mudah, ambil daun binahong, diseduh daun binahong bersama air panas seperti teh. Konsumsi minuman herbal ini sampai 2 jmhari sekali tidak lebih.

Binahong adalah tanaman apotek hidup? Ya. Salah satu tanaman apotik hidup yang berguna sebagai suplemen dan obat bagi beragam penyakit adalah daun binahong. Jenis tanaman ini berasal dari Tiongkok dengan nama Dhen San Chi. Di antara penyakit yang bisa diobati seperti hipertensi, asam urat, tipes, kolesterol tinggi, nyeri sendi, pegal linu, dan penyakit diabetes. Selain itu daun binahong juga bisa menjadi anti septik alami untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes, luka bekas operasi atau luka bakar. Studi lain juga menyebutkan bahwa ekstrak daun ini dapat meningkatkan fungsi ginjal tikus yang mengalami gagal ginjal.

Dalam catatan dari Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2018 menemukan potensi manfaat daun binahong sebagai salah satu pengobatan penyakit TBC di masa depan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa dua senyawa aktif dalam ekstrak binahong (ursolic acid dan oleanolic acid) dapat meningkatkan efek obat TBC generik untuk melawan perkembangan bakteri penyebab TBC yang khususnya resisten terhadap antibiotik.

 

(kelas VIII Borobudur)

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMP Negeri 2 Pakem

NPSN : 20401031

Jl. Kaliurang , Km.20
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. D.I. Yogyakarta
KODE POS 55582
TELEPON (0274) 895509
FAX 0723-1234567
EMAIL smp2pakem@gmail.com