SEKILAS INFO
: - Jumat, 14-05-2021
  • 2 tahun yang lalu / Tema Akademi daplam proses update, dengan beberapa perbaikan pada sistem penambahan style warna baru bernama Donker
  • 3 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
Apa Itu Sekolah Siaga Kependudukan ?

Sekolah Siaga Kependudukan

Sekolah yang mengintegrasikan pendidikan pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (BANGGA KENCANA) ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.

 

 

Tujuan Umum Dari Sekolah Siaga Kependudukan

  1. Siswa sebagai masyarakat akan sadar pentingnya manfaat yang harus disiapkan dalam menghadapi permasalahan-permasalahan serta menghindari dari dampak kependudukan.
  2. Siswa sebagai generasi penerus pengelola bangsa Indonesia merupakan potensi besar bagi keberlangsungan pembangunan dalam rangka mencapai cita-cita pendiri bangsa.
  3. Siswa  tumbuh dan berkembang menjadi gengerasi penerus bangsa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap dan perilaku berwawasan kependudukan.

Tujuan Khusus

Memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal, menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan. Mampu merencanakan masa depan demi kehidupan yang sejahtera kelak di masa depan. Pegembangkan sikap yang tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan nantinya ketika mereka dewasa.

 

Pengintegrasian Sekolah Siaga Kependudukan Dalam Pembiasaan Sekolah

Pembiasaan sekolah disini seperti setiap pagi 5 S dengan salam, sapa, senyum, sopan,dan santun dimana guru piket dipintu gerbang untuk menyambut siswa masuk sekolah, pemasangan slogan dan poster kependudukan, setiap awal pelajaran untuk memotivasi siswa belajar dengan salam Genre, menyanyikan yel yel kependudukan dan mars siaga kependudukan. Tiap kelas memiliki duta kependudukan.

 

 

Contoh tugas-tugas siswa saat pembelajaran terkait dengan kependudukan berupa kliping,poster, slogan, cerpen, dan puisi, klik disini

 

Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

Wawancara dengan Ibu hamil dan datang membantu di posyandu

Pertanyaan-pertanyaan telah disusun mengarah pada peningkatan pengetahuan ibu hamil dan ibu nifas, namun yang terpenting diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan para siswa tentang kehamilan, kelahiran, dan nifas. Sehingga diharapkan kelak para siswa setelah dewasa dan berkeluarga mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan.

 

Pojok Kependudukan SMP Negeri 2 Pakem

Sekolah Siaga Kependudukan terdapat Pojok Kependudukan (population corner) yang didalamnya terdapat tabel, grafik, piramida penduduk, poster, buku-buku, pamflet, brosur-brosur, data kependudukan dan lain-lain sehingga siswa dapat memperoleh informasi mengenai berbagai masalah kependudukan bukan hanya pada proses belajar mengajar namun didapat pula dari pojok kependudukan. Pojok kependudukan (population cerner) ini juga berfungsi menjadi pusat informasi dan konseling untuk masalah-masalah kependudukan maupun kesehatan reproduksi bagi remaja.

 

 

 

 

PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja)

PIK-R merupakan suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

PIK-R PADMAGIRI juga melakukan pelatihan pendidik sebaya, konselor sebaya dan melakukan kunjungan ke pengelola PIK R lain yang lebih maju

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Prestasi

Data Sekolah

SMP Negeri 2 Pakem

NPSN : 20401031

Jl. Kaliurang , Km.20
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. D.I. Yogyakarta
KODE POS 55582
TELEPON (0274) 895509
FAX 0723-1234567
EMAIL smp2pakem@gmail.com