SEKILAS INFO
: - Jumat, 14-05-2021
  • 2 tahun yang lalu / Tema Akademi daplam proses update, dengan beberapa perbaikan pada sistem penambahan style warna baru bernama Donker
  • 3 tahun yang lalu / Tema Akademi untuk Sekolah berbasis CMS WordPress, Rilis tanggal 11 Juli 2017
Upacara Tradisi Wiwit di Penangkaran Burung Hantu Cancangan Wukirsari

SmpN2Pakem– Kamis (14/1) beberapa siswa dan guru SMP Negeri 2 Pakem berpartisipasi dalam tradisi wiwit yang diadakan di penangkaran Burung Hantu, Cancangan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Upacara Wiwit sendiri merupakan salah satu upacara yang berkaitan dengan pertanian. Upacara Wiwit adalah upacara yang diselenggarakan untuk mengawali masa panen, tetapi biasanya untuk tanaman yang ditanam dalam jumlah banyak, seperti padi, jagung, tembakau.

Tujuan diadakannya Upacara Wiwit sebagai wujud  syukur masyarakat petani kepada Tuhan Yang Maha Pemurah atas rezeki yang telah dilimpahkanNya. Upacara Wiwit juga sebagai ungkapan rasa syukur dan hormat kepada Dewi Sri yang telah memberi rezeki yang berwujud panen, sehingga untuk mewujudkan rasa syukur tersebut dengan memberi sesaji dan doa.

Sebelum memotongan padi, dan menyantap bersama hidangan uborampe upacara, para petani berkumpul untuk berkarnaval  menuju areal persawahan. Mereka mengenakan pakaian adat Jawa dan membawa uborampe (perlengkapan) seperti ingkung ayam, jajan pasar dan tumpeng.

Meskipun ada yang sudah tidak menyelenggarakan Upacara Wiwit, namun di desa-desa, Upacara Wiwit masih dilaksanakan. Para petani yang masih mempertahankan budaya yang telah diwariskan oleh leluhurnya, masih menjalankan upacara tersebut. Upacara Wiwit adalah upacara yang diselenggarakan secara perorangan. Jadi ada petani yang menyelenggarakan Upacara Wiwit dan ada juga yang tidak, tergantung masing-masing orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Prestasi

Data Sekolah

SMP Negeri 2 Pakem

NPSN : 20401031

Jl. Kaliurang , Km.20
KEC. Pakem
KAB. Sleman
PROV. D.I. Yogyakarta
KODE POS 55582
TELEPON (0274) 895509
FAX 0723-1234567
EMAIL smp2pakem@gmail.com